Jumat, 04 Agustus 2017

Kenali Jenis Bahan Brokat


Jenis Brokat

Mungkin banyak diantara kita tahu bahan brokat / brukat itu untuk membuat kebaya dan baju pengantin, tapi sedikit yang mengetahu jenis-jenis bahan brukat. Nah, pada postingan ini saya akan berbagi informasi tentang jenis bahan brukat.

Agar kamu tidak bingung memilih jenis-jenis brokat, berikut adalah penjelasan mengenai bahan brokat :

Brokat Prancis
Brokat Prancis atau French Lace adalah bahan brokat yang memiliki kualitas paling bagus di antara brokat lainnya. Oleh karena itu, harga brokat ini juga paling mahal dibanding brokat lainnya. Brokat ini memiliki karakteristik bahan yang lembut, tidak panas, tidak membuat gatal di kulit, dan yang paling penting bahan brokat ini paling cantik membentuk badan.

Brokat Semi Prancis
Brokat semi Prancis ini dikenal orang sebagai KW nya brokat prancis. Kualitas brukat ini mirip dengan brokat prancis, bedanya brokat semi prancis lebih kaku dibanding brokat prancis. Meskipun kaku, justru beberapa designer lebih memilih menggunakan brokat ini karena tekstur bahannya yang lebih kuat sehingga lebih mudah dijahit.

Brokat Jepang
Tekstur tulle dari bahan brokat ini cukup lembut dibanding brokat semi prancis, dan harga brokat jepang lebih murah dibanding brokat semi prancis. Meskipun begitu, kebanyakan orang tetap memilih brokat semi Prancis karena brokat jepang ini terasa sintesisnya.

Brokat Prada
Brokat ini adalah brokat favorit para desainer. Mau dibikin model apapun tetap cantik. Bahan brokat ini memiliki karakteristik motif timbul yang halus sehingga motifnya bisa dipotong-potong sebagai aplikasi kebaya. Harga brokat ini bervariasi tergantung kehalusan bahan dan jenis motifnya.

Brokat Itali
Ciri-ciri dari brokat ini adalah tulle yang sudah dibordir atau dipayet. Harga dari brokat Italy ini tergantung kerapatan motif, kesulitan bordir atau payet. Kelebihan bahan brokat ini adalah tidak perlu lagi memayet, karena sudah penuh dengan payet.

Brokat Biasa
Bahan brukat ini adalah yang paling murah. Sehingga banyak yang memilih jenis brokat ini untuk seragam bridesmaids atau keluarga jauh. Kekurangan bahan ini adalah motifnya yang terkadang kurang bagus dan menyerupai taplak meja. Pilhan warnanya pun terbatas, tidak banyak variasi.


Semoga informasi ini bermanfaat bagi rekan semua yang mencari bahan brokat, untuk keperluan membuat kebaya ataupun gaun pengantin.

Related Posts

Kenali Jenis Bahan Brokat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>